Replikasi DNA Semikonservatif pada Bakteri: Percobaan Meselson-Stahl


Pada replikasi DNA, sekali replikasi DNA itu dimulai, dua benang polinukleotida heliks yang asli akan terlepas, paling sedikit secara lokal, sehingga masing-masing dapat bertindak sebagai pencetak benang baru. Ramalan yang segera mengikuti gagasan ini adalah : kedua dupleks yang dihasilkan dari replikasi seharusnya bersifat bastar,  masing-masing mengandung selembar benang lama yang berasal dari molekul asli dan selembar benang baru yang dibentuk selama proses replikasi.

Percobaan cara replikasi DNA muncul pada tahun 1958 dari M. Meselson dan F. Stahl. Mereka menggunakan kenyataan bahwa bila sel ditumbuhkan dalam medium yang mengandung 15N, isotop berat nitrogen, DNA sel akan menjadi lebih berat daripada DNA biasa, dan perbedaan bobot ini dapat diketahui dengan sentrifugasi dalam gradien CsCl (lihat ini juga yee). Dengan menumbuhkan E. coli dalam isotop 15N sampai beberapa generasi, Meselson dan Stahl memperoleh populasi sel yang berisi molekul-molekul berlabel 15N seluruhnya. DNA dari sel-sel ini ternyata menunjukkan kepadatan elastis seperti yang diharapkan dari DNA berlabel 15N. Kemudian sel-sel tersebut dipindahkan ke medium yang berisi 14N sebagai sumber nitrogen.

Diketahui bahwa sesudah satu kali putaran replikasi, DNA pada sel-sel anak tidak  mempunyai kepadatan baik 15N asli ataupun 14N murni. Justru ditemukan satu jenis tunggal dengan kepadatan pertengahan bastar 15N-14N, tepat seperti yang diharapkan dari replikasi yang diajukan oleh Watson dan Crick. Bila anak sel kemudian dibiarkan untuk membelah diri lagi, dua jenis DNA timbul di dalam gradien: kira-kira setengah DNA menunjukkan kepadatan Bastar 15N-14N, sedangkan sisanya menunjukkan kepadatan 14N murni. Sementara sel terus membelah diri di dalam medium 14N, perbandingan DNA menunjukkan makin meningkatnya kepadatan 14 dalam populasi, tetapi untuk banyak generasi, gelang samar-samar terlihat pada posisi DNA 15N-14N di dalam gradien.

bisa liat nyang nni juga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s